Backpacking with Style

Sebagai seorang pengukur jalan, kebiasaan jalan-jalan saya bukan cuma menipiskan dompet, tapi juga makan waktu, karena saya selalu invest waktu untuk browsing informasi tujuan wisata tersebut. Bayangkan saja, untuk ke Vietnam beberapa bulan lalu saja saya melakukan desk research selama 2 minggu, apalagi ke Andalucia untuk bulan depan!  Saya hanya ingin shoestring budget travelling saya bisa menghasilkan maximized benefit 🙂  Teman-teman yang sering join travelling dengan saya, selalu mempercayakan saya soal arrangement, baik itu mengenai route, pemilihan akomodasi maupun seleksi point of interest yang akan dikunjungi, karena mereka tau pastinya tidak akan mengecewakan *sombong mode-on* 😀

Untuk ke Spain ini, biaya hotel bintang 2-3 berkisar antara EUR 55 – EUR 80. Dengan budget segitu, bisa untuk nginep 3 malam di Tegal Sari Villa Ubud. Sebetulnya ada juga beberapa hostel backpackers seharga EUR 25-35 dengan shared-bathroom. Buat saya, rasanya koq kurang nyaman kalau harus share kamar mandi.. Untuk menyiasati hal ini, saya sering pakai option apartment rent/vacation house. Buat orang Eropa, alternatif ini sangat umum dipilih karena harga sewa apartment lebih murah dibanding hotel. Masalahnya, mencari lokasi apartment yang bersih, murah dan dekat dengan POI bukan hal mudah, apalagi kalau iklannya dalam bahasa Spanish #:-s :-/ Buat saya, ini juga alternatif menghemat biaya makan, karena di apartment paling tidak saya bisa bikin kopi/teh dan toast the bread or bikin popmie daripada breakfast diluar yang berkisar EUR 7-8. 

Memang alternatif akomodasi di apartment akan menjadi efektif kalau bepergian minimal 2 orang, apalagi kalau ber-3. Biasanya apartment studio bisa ditempati 3-4 orang. Dengan cara begini, daily budget budget bisa ditekan hingga EUR 50/day

Hasil browsing:

Untuk Sevilla, saya berhasil rent di tempat ini seharga EUR 60/night : http://rentals.loquo.com/english/post/67314&pics=1#2 

Ada juga alternatif lain, namun mereka minta minimum stay 3 malam:  http://www.sevillacentro.es/en/apartamentos_sevilla/apartamentos_catedral/

Untuk di Granada, saya dapat disini seharga EUR 55 (meski rate normal di low season cuma EUR 45)  http://www.elnumero8.com/el-numero-8-granada/en/

~ by rhyme de ma vie on August 23, 2009.

Leave a Reply

 
