Catatan Akhir Tahun Bursa Efek

Hari ini berakhir perdagangan saham di BEI untuk tahun 2012. Ditengah kondisi pasar global yang tidak pasti, yaitu: krisis Eropa, jurang fiskal USA, perekonomian Cina yang overheating, dll, pasar modal Indonesia justru berhasil menutup tahun disertai senyum investor. Index ditutup menguat di level 4316, naik sekitar 11.86% dari akhir tahun 2011 (di akhir 2011, IHSG bertengger pada level 3,821.99).

Memang secara general kenaikan ini hanya gambaran umum untuk acuan  instrumen investasi yang seharusnya juga memberikan imbal hasil minimal sama atau bahkan lebih besar. Pada kenyataannya portofolio yang saya pegang naik sebesar 32%.

Pergerakan Index sepanjang Januari - Desember 2012

Pergerakan Index sepanjang Januari – Desember 2012

Ada beberapa catatan yang sempat saya rekam mengenai pergerakan saham yang menurut saya pribadi lebih banyak dipengaruhi spekulasi kekhawatiran pemain saham yang mudah diombang-ambingkan oleh rumor yang sering overrated.

  1. pada awal Mei 2012, index sempat menyentuh level 4,224 dan diawal bulan Juni, index merosot tajam ke angka terendah sepanjang 2012, yaitu level 3,635. Dimana ini menjadi penurunan terbesar sepanjang tahun (569 atau 15,5%).  Penurunan index BEI ini merupakan yang terbesar dikawasan Asia Tenggara.
  2. Pada kondisi index tergerus ini, seharusnya digunakan untuk berburu saham-saham yang harganya terjun bebas saat itu. Karena hanya dalam waktu sekitar 2 bulan index kemudian merangkak bertengger di posisi 4100an lagi. Terbukti beberapa saham mampu mencatat ROE diatas 100%-200% sejak kondisi tersebut, sebut saja SSIA,  LPCK, WIKA dan ADHI.
  3. Sepanjang 2012, pasar Indonesia sangat dipengaruhi oleh gejolak regional dan gonjang-ganjing resesi Eropa. Namun pada penutupan tahun ini, BEI mampu memposisikan diri pada peringkat 10 besar pasar yang mampu mencatat kenaikan index tertinggi setelah Thailand, Jerman, Singapura, Jepang, HK dan Australia. Hal ini disebabkan oleh factor pertumbuhan ekonomi dalam negeri sendiri serta tingkat kepercayaan investor terhadap pasar Indonesia.
  4. Seiring dengan pesatnya pembangunan infrastruktur, saham2 berbasis property dan infra meningkat pesat secara rata2 (point 2). Demikian halnya dengan yang berbasis konsumsi/retail. Sementara saham perbankan sendiri lebih kecil returnnya, mengingat BI beberapa kali mempertahankan suku bunga kecil.

Berangkat dari pengamatan diatas, serta pembelajaran sepanjang tahun ini, seharusnya pertumbuhan investasi saya tahun depan bisa lebih baik. Karena untuk memperoleh imbal hasil rata-rata 50%  (bahkan 100%) dalam setahun di bursa juga bukan hal mustahil.  Caranya: do the homework. PR saya kedepan adalah, mencari saham-saham yang secara valuasi rendah maupun potensi marketnya masih memberikan potensi pertumbuhan diatas 20%, PER masih diangka 1 digit, yield dividen yang baik (>5%), serta tentunya jajaran management perusahaan yang kredibel.

Asumsi saya, tahun depan masih akan dipegang oleh sektor properti/infrastruktur, konsumsi/FMGC serta sektor yang berbasis teknologi. Sementara banyak saham di sektor tambang, natural resources atau O&G yang cukup menjanjikan tampaknya akan terkendala factor-faktor diluar yang masih bergejolak. Namun tidak ada salahnya saya icip beberapa seperti PTRO atau KKGI yang selama 2012 harganya drop gila-gilaan, sementara dilihat dari sisi valuation dan industrinya saham tersebut tergolong masih dihargai dibawah value nya.

Saham-saham yang saya sebut diatas pun seharusnya masih akan tumbuh dan memberikan hasil yang baik sepanjang focus dan kinerja management mereka bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan.

You have to learn the rules of the game. And then you have to play better than anyone else ~ Einstein

Advertisements

~ by rhyme de ma vie on December 28, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: